GAYA GESEK

Gaya Gesek


Jika seorang anak mendorong sebuah almari besi yang besar dengan gaya kecil, maka almari tersebut tidak akan bergerak (bergeser).Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Apa yang menyebabkan almari sulit digerakkan ?

Gaya yang melawan gaya yang anak itu berikan ke almari adalah gaya gesek. Almari besi tidak dapat bergerak karena gaya yang anak itu berikan masih lebih kecil daripada gaya gesek statis maksimum almari besi tersebut. Apa yang terjadi jika anak tersebut mendorong almari besi dengan dibantu kakaknya? 

Ternyata almari besi itu dapat bergerak walaupun lajunya lambat. Kelajuan lambat ini dikarenakan gaya gesek statis yang bekerja pada almari besi itu 

Gaya gesek adalah gaya yang bekerja antara dua permukaan benda yang saling bersentuhan. Arah gaya gesek berlawanan arah dengan arah gerak benda. Untuk benda yang bergerak di udara, gaya geseknya bergantung pada luas permukaan benda yang bersentuhan dengan udara. Makin besar luas bidang sentuh, makin besar gaya gesek udara pada benda tersebut sedangkan untuk benda padat yang bergerak di atas benda padat, gaya geseknya tidak tergantung luas bidang sentuhnya.
Gaya gesekan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu gaya gesekan statis dan gaya gesekan kinetis. Gaya gesek statis (fs) adalah gaya gesek yang bekerja pada benda selama benda tersebut masih diam. Pada saat benda tepat akan bergerak, maka pada keadaan ini gaya gesekan statik bernilai maksimum demikian pula nilai koefisien gesekan statiknya dinamakan koefisien gesekan statik maksimum (μs). Secara matematis gaya gesek statis dapat ditulis sebagai berikut: 








Gaya gesek kinetis (fk) adalah gaya gesek yang bekerja pada saat benda dalam keadaan bergerak. Gaya ini termasuk gaya dissipatif, yaitu gaya dengan usaha yang dilakukan akan berubah menjadi kalor. Perbandingan antara gaya gesekan kinetis dengan gaya normal disebut koefisien gaya gesekan kinetis (μk). Secara matematis dapat di tulis sebagai berikut:



Ini dia video tentang gaya gesek.



0 komentar: